Jumat, 28 Februari 2014

SAHABAT BARU


SAHABAT BARU

Drama ini ditulis oleh: Elga Dwi Mustika

Di dalam kelas anak-anak terdengar ribut dan sibuk dengan urusannya masing-masing. Tiba-tiba…
Bu Santi           : ‘’Pagi anak-anak…’’
Seluruk siswa  : ‘’ Pagi Bu…’’
Bu Santi           :’’Baiklah anak-anak, pagi ini kita kedatangan murid baru. Tiara silahkan masuk.’’
Tiara                :’’Terima kasih Bu. Selamat pagi teman-teman.’’
Semua siswa   :’’Pagi…’’
Tiara                :’’Perkenalkan nama saya Tiara Lestari, saya pindahan dari Yogyakarta. Terima kasih.’’
Bu Santi           :’’Tiara, silahkan duduk di sebelah Andre. Anak-anak Ibu harap kalian bisa menerima Tiara dengan baik.’’
Tiara                :’’ Terima kasih Bu.’’ (berjalan menuju tempat duduk Andre)
Bu Santi           :’’ Baiklah anak-anak, hari ini kita masuk materi baru yaitu aritmatika, silahkan keluarkan buku catatan kalian. (menulis di papan tulis)
Andre              :’’Hy… kenalin nama aku andre. Senang berkenalan dengan kamu (mengulurkan tangan kepada Tiara)
Tiara                :’’Hy juga… aku Tiara. Ya… aku juga senang berkenalan dengan kamu .‘’(menjabat tangan Andre)
Andre              :’’Oea kamu tinggal dimana?
Tiara               :’’Didepan mesjid Agung.’’
Andre              :’’ Berarti dekat dong. Hmm… kapan-kapan aku main kerumah kamu ya.’’
Tiara                :’’Ya…’’ (tersenyum)
Bu Santi           :’’Anak-anak, untuk pr besok kerjakan halaman 150-152. Bagi yang tidak mengerjakan akan Ibu hukum.’’
Semua siswa   :’’Baik Bu…’’ (mengemasi alat tulis dan buku)
Bu Santi           :’’Selamat siang…’’ (berjalan keluar)
Bel tanda pelajaran berakhir berbunyi, seluruh siswa pulang kerumahmasing-masing. Kecuali Silvi dan teman-temannya, mereka shopping ke mall.
Silvi                  :’’Girls, shopping yuk… gue bosen nih’’
Bella                :’’Hmmm… boleh tu’’
Lina                 :’’Let’s go.’’ (berjalan menuju mobil)
Ditengah perjalanan Silvi, Lina, Bella bertemu dengan Tiara dan Andre yang berjalan kaki berdua.
Lina                 :’’Eh… lihat guys, itu kan Andre dan anak baru itu’’
Silvi                  :’’Ya itu, eh tunggu dulu, kenapa Andre mau jalan kaki sama anak baru itu, Andre itu kan kemana-mana pakai mobil.’’
Bella                :’’Ya man ague tau… hm gmana kalau kita kerjain aja anak baru itu?’’
Silvi                  :’’Wah, ide bagus tu.’’
Lina                 :’’Ya gue juga setuju’’ (melirik ke Silvi dan Bella)
Mobil mereka berjalan pelan mendekati Tiara dan Andre.
Bella                : (membuang air mineral keluar mobil dan mengenai Tiara) Oops sorry ya Tiara, gue nggak sengaja (berpura-pura baik)
Silvi                  :’’Rasain loe anak kampong, ya basah deh…’’
Silvi&Bella       :’’Hahaha…. Makan tu air.’’
Andre              :’’Eh… kalian apa-apaan sih? (marah)
Lina                 :’’ Kenapa ? loe mau belain si anak kampung ini?’’ (menunjuk Tiara)
Silvi                  :’’Andre daripada loe capek-capek jalan sama anak kampung ini, mending loe gabung bareng kita, gimana? Mau nggak?’’
Andre              :’’Eh… mending kalian semua pergi deh dari sini, udah males aku lihat kalian.’’
Bella                :’’Yaudah kalau nggak mau, yuk girls kita cabut’’
Silvi                  :’’By… Andre .’’ (pergi)
Andre              :’’Kamu nggak papa kan ra?’’ (menatap Tiara)
Tiara                :’’Nggak kok, aku baik-baik aja. Makasi ya udah mau belain aku.’’ (membersihkan bajunya yang basah)
Andre              :’’Ya sama-sama. Yaudah mending sekarang kita pulang kerumah kamu supaya kamu bias langsung ganti baju, dan nggak masuk angin.’’
Tiara                :’’Ya…’’ (berjalan pulang bersama Andre)
Pagi harinya Lina, Silvi, Bella merencanakan sesuatu untuk memfitnah tiara.
Silvi                  :(Masuk ke kelas dengan hati-hati) ‘’aman’’
Bella                :(memasukkan dompetnya kedalam tas Tiara) ‘’ Siip’’
Hafis                :’’Ngapain Bella membuka tas Tiara? (mengintip di jendela). Wah, nggak beres nih, rupanya geng Silvi cs pengen memfitnah Tiara. Gue harus kasih tau Andre.’’ (pergi mencari Andre).
Lina                 :’’Ayo cepat, ntar kita ketahuan.’’
Bella                :’’Ya, sabar.’’
Bel masuk berbunyi, semua siswa berbaris dan masuk ke kelas masing-masing.
Bu SANTI         :(Masuk) ‘’ Pagi anak-anak.’’
Semua siswa   :’’ Pagi Bu.”
Bu Santi           :’’ Anak-anak pagi ini kita akan mengumpulkan sumbangan untuk korban gunung meletus, Andre tolong kumpulkan uang sumbangannya.’’
Andre              :’’Baik, Bu.’’ (berdiri dan mengumpulkan uang sumbangan)
Bella                :’’Bu, dompet saya hilang…’’ (menunjuk tangan)
Bu Santi           :’’ kenapa bisa hilang?’’
Bella                :’’Saya tidak tahu Bu, tadi saya letakkan di dalam tas,tapi sekarang udah nggak ada.’’
Silvi                  :’’Pasti ada yang maling tu Bu…’’ (melirik Tiara)
Bu Santi           :’’ Kita tidak boleh menuduh sembarangan.’’
Lina                 :’’ Tapi mungkin aja kan Bu, apalagi dikelas kita kan ada anak baru.’’ (menyindir Tiara)
Tiara                :’’ Gimana kalau kita geledah aja tas mereka satu-satu Bu?’’
Bu Santi           :’’Yasudah,sekarang kalian semua berdiri dan keluarkan isi tas kalian masing-masing. Andre, tolong bantu Ibu memeriksa tas teman-teman kamu ya.’’
Andre              :’’Baik, Bu.’’ (berjalan dan memeriksa tas satu per satu).
Bu Santi           :’’Bagaimana andre? Apa kamu sudah menemukan dompet Bella?’’
Andre              :(Menemukan dompet di tas Tiara) ‘’Apa ini dompet kamu?’’
Bella                :’’ Ya… itu dompet gue, tu kan gue udah yakin pasti loe yang ambil dompet gue. Loe kan orang miskin, ya pasti loe butuh uang lah, makanya loe ambil dompet gue.’’ (menunjuk dan menatap Tiara).
Bu Santi           :’’Tiara, apa benar kamu yang mengambil dompet Bella?’’
Tiara                :’’Tidak, Bu.Saya tidak mengambil dompet Bella.’’
Bu Santi           :’’Tapi kenapa dompet itu bisa ada di tas kamu?’’
Tiara                :’’ Saya juga tidak tahu , Bu. Kenapa dompet bisa ada didalam tas saya.’’
Bella                :’’Alah… mana ada sih maling yang mau ngaku.’’
Hafis                :’’Maaf, Bu. Tiara tidak bersalah, tadi saya melihat Bella memasukkan dompetnya sendiri kedalam tas Tiara, dengan tujuan ingin memfitnah Tiara…’’
Bella                :’’Nggak, Bu. Itu semua bohong.’’
Hafis                :’’Alah… kamu nggak usah ngeles…’’
Bella                :’’Tapi gue….’’ (pembicaraan terputus).
Bu Santi           :’’Sudah…Sudah… sekarang Ibu sudah tau siapa yang bersalah, sekarang Ibu minta Bella untuk minta maaf sama Tiara.’’
Bella                :’’Tapi kan Bu…’’
Bu Santi           :’’ Sudah, cepat kamu minta maaf.’’
Bella                :’’Ya Bu.. Maafin gue ya…’’ (mengulurkan tangan).
Tiara                :’’Ya, aku udah maafin kamu kok .’’ (menjabat tangan Bella).
Bel tanda pelajaran berakhir berbunyi, semua siswa pulang.
Bella                :’’Huh… sebel banget gue lihat anak kampung itu, masak gara-gara dia gue dipermalukan didepan kelas…’’ (cemberut),
Lina&Silvi        :’’ Udahlah Bel, nggak usah diurusin lagi anak kampung itu.’’
Bella                :’’Yudah deh girls, gue pulang duluan ya, nyokap gue mau pergi jadi gue hareu cepat-cepat pulang…’’
Silvi                  :’’Yaudah yuk Lin, kita pulang.’’
Bella                :’’By…. Sampai ketemu besok.’’ (melambaikan tangan).
Silvi&Lina        :’’ By….’’ (melambaikan tangan).
Tiba-tiba mobil dari arah belakang Bella melaju dengan kencang.
Lina                 :’’Bellaaa…… awassss.’’
Bella                : (melihat kebelakang dan tertabrak mobil).
Lina&Silvi        :’’ Bellaaaaaaaa………’’ (berlari mendekati Bella).
Lina                 :’’ Sil, cepat telepon ambulance…’’
Silvi                  :’’ Oke…’’ (menelepon ambulance).
Ambulance datang dan membawa Bella ke rumah sakit. 1 jam kemudian, Bella sadar.
Bella                : (Terbaring lemah)’’ Gue dimana?’’
Lina                 :’’ Bel… Bel…, loe udah sadar? Loe sekarang lagi ada dirumah sakit, tadi loe kecelakaan . sebaiknya sekarang loe istirahat aja dulu ya…’’
Tiara,Andre,Hafis: (mengetuk pintu)’’ Assalamualaikum…’’
Silvi                  : (membuka pintu)’’ Waalaikum salam, ayo masuk.’’
Tiara                :’’ Makasih, gimana keadaan kamu Bel?.’’
Bella                :’’Gue baik-baik aja kok.’’
Tiara                :’’Syukurlah, nih kami bawakan buah-buahan untuk kamu, semoga kamu cepat sembuh ya…’’
Bella                :’’Ra, kenapa loe baik banget sama gue? Kenapa loe masih peduli sama gue? Padahalkan, gue udah jahat banget sama loe….’’
Tiara                :’’Bel, kamu itu kan teman aku, jadi udah sewajarnya aku baik dan peduli sama kamu. Lagian aku nggak pernah dendam kok sama kamu Bel….’’ (tersenyum).
Bella                :’’ Makasih ya Ra, loe memang teman yang baik,,,’’ (tersenyum).
Tiara                :’’ Ya… sama-sama.’’
Andre              :’’ Nah, gitu dong, kalau gini kan lebih baik,’’
Bella                :’’Iya Ndre…’’
Silvi                  :’’ Gimana kalau Tiara gabung aja di geng kita?’’ (memandang Tiara).
Lina                 :’’ Ide bagus tu, gue juga setuju.’’
Bella                :’’ Tiara, loe mau kan gabung di geng kita?’’
Tiara                :’’ Tentu aja aku mau…’’
Bella                :’’ Makasih ya Ra. Nah, sekarang anggota geng kita jadi berempat. Dan nama geng kita adalah ‘’NARAVILA’’. Bagus nggak?’’
Silvi,Lina,Tiara            :’’Bagus….’’ (mengacungkan jempol).
Silvi,Lina,Tiara,Bella: (Berpelukan dan tertawa) ‘’ NARAVILA…….’’
-SELESAI-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar